26.2.18

My South East Asia Trip

10 days trip to South East Asia

"Life is a journey. Make the best of it"

VIETNAM 14 February 2018
(Hanoi - Hai Pong - Cat Ba Island)

Finally landed di Hanoi setelah beberapa drama & stupidity gw.. ketemuan sama maggie di erpot (karena dia terbang langsung dari aussie) & karena rencana hari ini jadi berantakan so pilihannya cuma either nginep di hanoi atau cari kota yang lebih deket ke port penyebrangan ke Cat Ba besok. Jadilah kita naik kereta ke Hai Pong. Daerahnya jadul banget dan akhirnya walkin cari2 hotel. ketemu 1 hotel yang lumayan & harga ok lah. Staffnya unyu2 kayak boyband korea (dan dia suka nyanyi2 juga wkwkwk) Malem sempet makan barbeque di pinggir jalan & agak2 kalap (sampe diliatin & diomongin orang2), alhasil makanan kita mahal banget (mau nangis) Paginya kita jalan kaki ke Hai Pong Port kira2 setengah jam dari hostel(thanks to google map ketemu tu port) karena nanya orang juga belum tentu mereka bisa jelasin. Heran!

Nyebrang ke Cat Ba dan langsung suka sama pulaunya. Tapi disini dingin banget berasa winter. dinginnya kayak fall di jepang. dan semua orang pake jaket winter yang mirip2. ternyata penduduk jualnya ya kayak gitu doang. pantesan pada samaan. Trus check in ke penginapan Phuong Dong yang udah kita booked dr booking.com Mas-nya gak kalah ganteng, kayaknya anak yang punya hotel (hotel keluarga) karena ada foto pre wedding si mas di dinding. hihi.. Trus langsung keluar lagi cari2 trip ke halong bay karena besok chinese NY dan smua aktivitas di pulau bakalan mati, mau gamau harus hari ini juga ke Halong Bay. And then kita ke Pineapple Hostel nanya2 dan nawar2 untuk di berangkatin ke Halong Bay & sekitarnya. kecewa deh sama si pineapple ini (kalian jangan sampe kesini ya, agak licik mas-nya) Blacklist deh tuh! Not recommended! Akhirnya kita naik kapal ke Lan Ha Bay, naik kayak, trus muter ke Halong bay, liat2 floating market yang tutup. Sedih liat guguk2 di situ.. trus balik. Makan Bahn mi telor di kapal di kasih si mr pineapple dablek (maap masih esmosi) Cuaca agak mendung berkabut jadi agak2 mengecewakan pemandangannya (tapi dari pada gak sama sekali, udah sampe sini)
Karena gak ada kapal nyebrang ke Hanoi hari ini, jadi kita harus nginep semalam lagi di Cat Ba, pindah ke cheaper hostel yang jaga si mbak & mas bule (mirip chris hemsworth, asli), dan sempet ada insiden kocak, dia buka kunci kamar kita trus masuk, n kita kaget ber3 liat2an, trus dia bilang "sorry, wrong room!" wkwkwk ahhh si masssss.. Oh iya sempet kesel liat harga Halong Bay tour dari hotel ini yang jauh lebih murah dari si pineapple jadi panas sayah duhh.. And then jalan2 di pulau.. ke salah 1 macem musium perang vietnam dulu, Cannon Fort. jalannya agak jauh, dan kita jalan kaki sambil hunting foto, makan pho enak, bahm mi babi pinggir jalan, kopi vietnam tanpa sianida hehe dll.. sambil menggigil kedinginan along the way.. Goshh!
Besoknya naik bus ke Hanoi trus pindah kota ke

"To Adventure is to find yourself whole"

MYANMAR 17 February 2018
(Yangon - Bagan)

Dari Yangon erpot kita naik taxi ke Aung Mingalar Bus Station buat naik JJ Bus ke Bagan.
dan besok paginya sampe deh di bagan, check in di hostel yang mungkin paling murah di daerah Nyang U. Hotelnya namanya Pyansa Rupa. Biasa aja, wc share, tapi masih layak.. Yay

Debu di bagan sih gila ya. Salah banget kita gak bawa masker. Maggie sampe batuk2 dan gak enak badan & gw juga liat beberapa bule pada flu. Haizz. Gw mungkin lebih kuat karena di jakarta kan ada debu juga ya sis wkwk.. Disini bisa sewa E bike buat jalan2 atau naik delman. hari pertama kita nge E bike, baru hari kedua supaya gak capek & bisa di anter ke tempat2 yang kita gatau.. kita naik delman (ini bookingnya jegat delman di jalan pas kita lagi naik e bike trus tawar menawar wkwk) ke Ananda Temple yang bagus banget, trus ke Shwezigon Pagoda yang smua dari emasss.. kinclong geela.. Sempet kaget pas lagi foto2 ala2 eh ada yang komen, "fotonya bagus" gw langung ngakak malu... ternyata ada 1 keluarga indo lagi di Bagan jugak wkwk duh malunya... Paginya jalan stngh 5 pagi buat ke sunset point. agak failed sih karena ya gitu doang & balon udara dari tempat kita gak gitu bagus keliatannya Zzz. tapi abis itu jalan2 smp siang ke pagoda2 & temples yang okok.. thanks to bapak kusir..  maapin akuh ya kuda hiks. gak pernah tega naik delman..

Puji Tuhan ada warung makan murah & enak deket tempat nginep jadi seneng banget. kita sampe 2 kali ksitu. Maklum penghematan.. trs ke market, gw liat2 aja sih. maggie yang belanja. Malemnya ngebus lagi balik ke yangon

di Yangon checkin ke dorm yang kita booking OL juga. Namanya Min Galar Par hostel, ini model Dorm gitu, jadi bobo di kotak2 pake tirai.. hihi pengalaman baru. untungnya dormnya gak berisik & bule2nya cukup bersahabat. Koko hostel juga bae banget & mayan cakep. kaget banget gw sama maggie ngomongin dia pake bahasa indo, eh dia ngomong melayu. Lemes aku banggg. ternyata dia pernah tinggal di malaysia 8 tahun. Matik! Malunyaaa.. Jangan2 ngerti sama omongan kita..
Jalan, makan mie 999, nyoba jajan2an di jalanan. nyuci baju di laundry trus explore yangon. Seru. ini agak beda sama Bagan. Udah lebih kota cuma tetep di jalanan masih banyak yang cemong (pake Thanaka, bedak dingin yang di oles di muka sama cewek2 Myanmar) Bye2 debu2 intan..

Besoknya jam setengah 6 pagi dapet sarapan di hotel, enak bangettt, toast, telor rebus n kopi trus pindah kota ke

“Take only memories, leave only footprints.”

THAILAND 21 February 2018
(Bangkok)

Hello again Bangkok! Kita gak nginep disini jadi first thing first cari penjual tiket bus ke kamboja ntar malem, trus titip tas sampe malem kita pindah kota.. Jalan2 sampe muak di Khao San area, liat2, makan buah potong (rujak), bernostalgila sama mango sticky rice, es krim coconut, pad thai, trus muter2 aja. Oiya kita udah nemu tiket & titip backpack sebelum kita jalan2 & kuliner.. Saking bosennya muterin Khao san, akhirnya kita naik bus ke daerah Siam. Jalan2 lagi deh di daerah Siam. Ngebus lagi pulang ke Khao San trus masih ada waktu sebelum bus dateng.. jadi kita duduk di Mc D supaya bisa ke wc, wifi & duduk lamaan, karena lo tau kan daerah ini kalau malem kayak mana jadinya.. Nunggu jam 11 malam, trs ke depan kantor polisi Khao San untuk naik bus ke

CAMBODIA 22 FEBRUARY 2018
(Siem Reap - Phnom Pehn)

Abis check-in di  Koh Rong Hostel langsung tidur karena kecapean & di bus gak nyenyak tidur. Apalagi inget rempongnya lewatin border thailand - kamboja tadi.. orang imigrasinya nyebelin lagih.. Baru deh sorean kita keluar hostel jalan2 & cari makan. Makanan disini lumayan harganya US$1.5-3 lah kisarannya. itu aja udah enak.. Malem jalan kaki explore sekitaran down town Siem Reap. Hotel kita deket market jadi rame & deket jalan kaki kemana2.. di market harganya juga mayan murah, kain2, tas, dompet dll bagus2 dan murah. makan mie di pinggir jalan buat dinner. enak, murah hati senang
Besoknya kita join tour ke Angkor Wat, gak jadi ambil yang dr sunrise karena gak sanggup bangun pagi. Bagus sihh, gede bangettt.. ada 3 stop temple.. tp tiketnya mahal aja :( udah tahap bokek berat ini..

Malemnya langsung naik bus lagi ke Phnom Penh, karena kita bakal balik ke indo dari sana. Sleeping bus. ada ranjang di busnya. 1 org 15 USD Kalau nanya koq pake pulang dari Phnom Pehn, ini gara2 tiket dari Phnom pehn jauh lebih murah dari pada dari erpot Siem Reap. Kasiman.

24 February 2018
Jam 5 pagi udah duduk cantik di erpot Phnom Pehn siap kembali ke tanah air. Cuci muka, gosok gigi di erpot biar gak busuk banget. trus terbang pulangggg.. tidur sepanjang flight. Transit KL lagi. Trus ke damri & gojek deh sampe rumah.

What a crazy trip! ngerasain cuapeknya bukan main, senang, bahagia, bt, panas, dingin, kelaperan, dehidrasi, gak percaya diri (karena deodorant yang di ambil di erpot indo pas mo berangkat wkwkwk) Banyak kala gw pengen buang tuh backpack yang ampir 7 KG kita bopong2 kemana2.. Selalu harus stay cool kalau kata maggie, supaya gak di bego2in tukang taxi, tuk2 dsb.. Ngerasain jadi fakir wifi gratis, karena beli no hp cm di vietnam sama myanmar, sisanya malesss haha.. Dll.. Bersyukur banget smua di lancarin. Thanks to maggie yang udah puyeng banget bikin itenary (gw cuma bantu dikit2 aja karena sebelum berangkat sempet stress mikirin passport yang expired beberapa bulan karena gw gak cek dulu, padahal tiket udah di beli, dan ngurus passport sekarang agak ribet deh) ah tapi bersyukur Tuhan buat smua beres pada waktu-Nya dan bisa berangkat jalanin trip gila ini (ini yang bule2 itu pada ngomng, "ah you guys are crazy, 10 days?? crazyy" Pengalaman baru banget backpacker pindah2 ke 8 kota di 4 negara asia. Ketemu orang traveler2 lainnya dari berbagai negara. Bisa ngobrol2 tentang banyak hal sama mereka semua. bener2 Travel is the only thing you buy that makes you richer. We live in a wonderful world that is full of beauty, charm, and adventure. There is no end to the adventures we can have if only we seek them with our eyes open. Go, fly, roam, travel, voyage, explore, journey, discover, adventure

"The world is a book and those who do not travel read only one page"